RPP PBL

 

Kompetensi Dasar:

3.5  Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya).

4.5           Menyajikan petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis  dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.

 

Bahasa Indonesia

I P S

Kompetensi Dasar:

3.3     Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.

4.3           Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi

I p

I P A

Kompetensi Dasar:

3.8     Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.

4.8     Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang orang di lingkungannya.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan  : SDN 18 Gunung Tuleh

Kelas / Semester      : IV (Empat) / I                              

Tema 4                      : Berbagai Pekerjaan

Sub Tema 2              : Pekerjaan di Sekitarku

Pembelajaran          : 1

Alokasi Waktu        : 1hari

 

A.      Kompetensi Inti (KI)

KI 1

:

Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2

:

Menunjukkan perilPesrta didik jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan

percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga..

KI 3

:

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, m elihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

KI 4

:

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilPesrta didik anak beriman dan berakhlak mulia.

                                           

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator

 

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Bahasa Indonesia

3.5 Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya).

4.5 Mengomunikasikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih dan dibaca sendiri secara lisan dan tulis yang didukung oleh alasan.

3.5.1 Menentukan tokoh-tokoh yang berperan dalam cerita (C3)

3.5.2 Menemukan watak tokoh dalam cerita .(C4)

4.5.1 Merumuskan pendapat pribadi tentang isi cerita yang dibaca secara lisan didukung oleh alasan.(P4)

IPA

3.8 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.

 

 

4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya

 

3.8.1 Menentukan upaya menjaga keseimbangan sumber daya alam di lingkungannya.(C3)

3.8.2 Menganalisis tindakan yang merusak keseimbangan sumber daya alam di lingkungannya.(C4)

4.8.1 Merumuskan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.(P4)

 

IPS

3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.

4.3 Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.

 

3.3.1 Menentukan jenis kegiatan ekonomi di lingkungan sekitar.(C3)

3.3.2 Menganalisis hasil dari setiap pekerjaan pada kegiatan ekonomi.(C4)

4.3.1 Mendesain laporan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakan di bidang pekerjaan.(P5)

 

 

C.      Tujuan Pembelajaran

1.      Dengan membaca teks cerita Nelayan Tradisional dan Modern, Peserta didik dapat menentukan 2 tokoh yang berperan dalam cerita secara benar.

2.      Dengan membaca teks cerita Nelayan Tradisional dan Modern, Peserta didik dapat menemukan watak tokoh dalam cerita dengan tepat.

3.      Dengan penugasan, Peserta didik dapat merumuskan pendapat pribadi tentang isi cerita yang dibaca secara lisan didukung oleh alasan yang tepat.

4.      Dengan membaca teks “Nelayan Tradisional dan Modern”, Peserta didik dapat menentukan  upaya menjaga keseimbangan sumber daya alam di lingkungannya secara benar.

5.      Dengan mencermati teks “Nelayan Tradisional dan Modern”, Peserta didik dapat menganalisis 4 tindakan yang merusak keseimbangan sumber daya alam di lingkungannya secara tepat.

6.      Dengan penugasan, Peserta didik dapat merumuskan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya secara tepat.

7.      Dengan pengamatan gambar keterhubungan kegiatan ekonomi, Peserta didik dapat menentukan  jenis kegiatan ekonomi di lingkungan sekitar secara tepat.

8.      Dengan pengamatan gambar keterhubungan kegiatan ekonomi, Peserta didik dapat Menganalisis hasil dari setiap pekerjaan pada kegiatan ekonomi tertentu secara tepat.

9.      Dengan penugasan, Peserta didik dapat Mendesain laporan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakan di bidang pekerjaan secara benar.

 

 

D.      Media dan Sumber Belajar

Media Pembelajaran

:

1.      Gambar Nelayan Mencari Ikan

2.      Gambar Keterhubungan Kegiatan Ekonomi

3.      Gambar

4.      Gambar Jenis-jenis Pekerjaan.

Sumber Belajar

:

1.      Afriki, dkk.. 2017. Buku Guru Tema 4 Kelas 4 Berbagai Pekerjaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2.      Afriki, dkk.. 2017. Buku Peserta didik Tema 4 Kelas 4 Berbagai Pekerjaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

E.       Pendekatan dan Metode Pembelajaran

1.     Pendekatan

:

Saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar dan  mengkomunikasikan).

2.     Model

:

Prolem Based Learning ( PBL )

Sintaks Model  Prolem Based Learning

1. Orientasi peserta didik

2. Mengorganisasi peserta didik untuk belajar

3. Membimbing penyelidikan individu maupun 

    kelompok

4. Mengembangak an dan menyajikan hasil karya

5. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan  

    Masalah

3.     Metode

:

Tanya jawab, diskusi, pengamatan, penugasan, penjelasan.

 

F.     Materi Pembelajaran

 

Bahasa Indonesia: Teks Cerita

 

IPA: Pentingnya Menjaga Keseimbangan SDA

 

IPS: Jenis-jenis Pekerjaan

 

G.    Langkah-langkah Pembelajaran

No.

Kegiatan

Langkah-langkah Pembelajaran

Alokasi Waktu

1

Kegiatan Pendahuluan

1.      Guru mengucapkan salam dan menanyakan kabar peserta didik. ( Religius )

2.      Peserta didik dengan bimbingan guru berdoa sebelum pembelajaran dimulai.  ( Religius )

3.      Guru mengecek kehadiran peserta didik

4.      Peserta didik menyanyikan salah satu lagu wajib Nasional  Tanah Airku (Nasionalisme)

5.      Peserta didik diminta bercerita tentang kegiatan sehari-hari.(Literasi)

6.      Peserta didik dikondisikan guru sebelum memulai kegiatan pembelajaran dengan memeriksa kerapian, posisi dan tempat duduk yang disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.(Kedisiplinan)

7.      Apersepsi

Peserta didik bertanya jawab bersama guru tentang pengalamannya dalam kehidupan sehari-hari

“Anak-anak, apa yang harus dilakukan manusia agar dapat memenuhi kebutuhan? Apa saja pekerjaan yang ada di sekitarmu”

8.      Peserta didik mendengarkan penyampaian tujuan pembelajaran oleh guru.

9.      Pemberian Motivasi

Peserta didik mendapatkan motivasi dari guru.

Pada hari ini, kalian harus belajar dengan semangat dan senang ya...!

10 menit

2

Kegiatan Inti

Sintaks 1 Orientasi peserta didik pada masalah

1.      Peserta didik mengamati gambar “Nelayan Mencari Ikan” elalui slide power point secara klasikal.

2.      Peserta didik melakukan tanya jawab bersama guru tentang gambar yang diamati.

Kamu bapak kamu apa pekerjaannya ?

3.      Peserta didik  membaca teks cerita berjudul “Nelayan tradisional dan Modern”.

4.      Peserta didik ditugaskan untuk menguraikan pendapat pribadi tentang isi cerita dengan alasan yang tepat.

5.      Peserta didik mendapat penguatan dari guru dan mendapat LKPD secara kelompok.

 

Sintak 2 Mengorganisasikan Peserta Didik Untuk Belajar

6.      Peserta didik berkelompok sesuai dengan arahan guru (3 kelompok belajar)

7.      Guru memberikan LKPD kepada peserta didik sesuai dengan permasalahan yang akan diselesaikan setiap kelompok.

8.      Peserta didik membaca teks “Nelayan Tradisional dan Modern” untuk mengidentifikasi 4 upaya menjaga keseimbangan sumber daya alam di lingkungannya.

9.      Peserta didik mengidentifikasi 4 tindakan yang merusak keseimbangan sumber daya alam di lingkungannya.

Sintak 3 Membimbing Penyelidikan Individu

10.  Peserta didik berdiskusi kelompok untuk menjelaskan 3 akibat dari tindakan merusak keseimbangan sumber daya alam di lingkungannya

11.  Peserta didik berdiskusi kelompok untuk menguraikan pentingnya upaya menjaga keseimbangan sumber daya alam di lingkungan dengan alasan yang tepat.

12.  Peserta didik berdiskusi kelompok untuk menentukan hasil dari 6 pekerjaan pada kegiatan ekonomi.

13.  Peserta didik berdiskusi kelompok untuk menyimpulkan 2 jenis pekerjaan berdasarkan hasilnya.

14.  Guru memberikan solusi pada permasalahan setiap kelompok/individu dan memberikan kesempatan untuk membuat karya.

 

Sintak 4 Mengembangkan dan Menyajikan Hasil

15.  Setiap kelompok diminta untuk mengembangkanhasilpenyelidikannya kedalam LKPD yang sudah diberikan oleh guru.

16.  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikannya hasil dari penyelidikan bersama teman kelompoknya.

17.  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok untuk ditanggapi secara klasikal dan mendapat penguatan dari guru.

18.  Bagi kelompok yang tidak sedang presentasi diminta untuk mencermati, memberi pertanyaan dan saran kepada kelompok yang sedang presentasi.

 

Sintak 5 Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

 

19.  Guru bersama peserta didik melakukan evaluasi terhadap hasil belajar.

20.  Peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya apabila belum paham mengenai materi pembelajran hari ini.

 

50 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Kegiatan Penutup

1.      Refleksi

a.       Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti.

b.      Peserta didik bersama guru bertanya jawab tentang kesan dan pesan pembelajaran hari ini

2.      Kesimpulan

Peserta didik menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan.

3.      Umpan Balik

Peserta didik mengerjakan soal evaluasi

4.      Tindak Lanjut

Peserta didik ditugaskan mempelajari kembali materi pembelajaran hari ini dan mencari contoh macam-macam pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa di daerah sekitar.

5.      Informasi Kegiatan Pertemuan Selanjutnya

Peserta didik mendengarkan informasi dari guru tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

10 menit

 

 

H.    Teknik dan Instrumen Penilaian

1.      Teknik penilaian

a.       Sikap               : observasi dan  pencatatan sikap Peserta didik selama kegiatan

b.      Pengetahuan    : tes tulis

c.       Keterampilan : unjuk kerja

2.      Instrument Penilaian

a.       Penilaian sikap                        : Lembar observasi & Jurnal harian catatan Peserta didik

b.      Penilaian pengetahuan            : Lembar soal evaluasi

c.       Penilaian keterampilan            :

1)      Rubrik keterampilan mengomunikasikan pendapat pribadi tentang isi cerita yang dibaca secara lisan didukung oleh alasan yang tepat

2)      Rubrik keterampilan melaksanakan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya

3)      Rubrik keterampilan membuat laporan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakan di bidang pekerjaan

 

 

 

Mengetahui,                                                                Siligawan,  22 Oktober 2021

Kepala Sekolah,                                                          Mahasiswa,

 

 

JUNAIDI, S.Pd.SD                                                   ENDANG SAPUTRA, S.Pd

NIP. 196506241986031008                                        NIM. 21300146


 

Lampiran 1

 

BAHAN AJAR

Bahasa Indonesia

Teks cerita  

Nelayan Tradisional dan Nelayan Modern

Ayah bekerja sebagai seorang nelayan tradisional. Ayah tinggal di kampong nelayan. Ayah pergi melaut pada malam hari. Ayah membawa sampan dan jaring untuk pergi berlayar.

Saat berlayar, Ayah harus menghadapi ombak dan badai di laut. Karena hanya menggunakan sampan, Ayah tidak dapat pergi melaut terlalu jauh. Tangkapan ikan Ayah kadang banyak kadang sedikit. Semua bergantung pada cuaca. Sampan Ayah tidak bermesin. Ayah tidak perlu membeli bahan bakar. Ayah juga menangkap ikan menggunakan jala dengan lubang besar-besar bertujuan agar ikan kecil tidak ikut terjaring sehingga dapat lestari.

Sekarang ada nelayan yang modern. Kapalnya lebih besar dan menggunakan bantuan mesin sehingga tidak mudah terguncang ombak. Kapal ini menggunakan mesin sehingga memerlukan bahan bakar. Banyak pemilik kapal tidak memedulikan penggunaan bahan bakar. Ada yang boros sehingga mencemari lingkungan perairan. Mereka bisa berlayar ke laut lepas sehingga tangkapan ikannya banyak.

Alat penangkap ikan mereka berupa jaring dan juga radar yang bisa mendeteksi kumpulan ikan, bahkan ada yang menggunakan bom. Jaring yang digunakan nelayan modern saat ini berbeda dengan nelayan tradisional. Mereka menggunakan jaring dengan lubang kecil-kecil sehingga ikan-ikan kecil ikut tertangkap. Jika ikan kecil tertangkap, maka populasi ikan di laut semakin sedikit atau bahkan habis dan tidak dapat melestarikan jenisnya karena telah tertangkap. Selain jaring, nelayan modern ada yang menggunakan bahan peledak sehingga mengakibatkan ikan kecil ikut mati dan merusak terumbu karang. Terumbu karang merupakan tempat tinggal ikan. Jika terumbu karang rusak maka akan banyak ikan yang mati karena tidak memiliki tempat berlindung. Hal ini menyebabkan Sumber Daya Alam yang ada di laut menjadi tidak seimbang dan berakibat fatal bagi kelangsungan hidup manusia.

 

 

 

 

IPA

Pentingnya Menjaga Keseimbangan Sumber Daya Alam

 

Menjaga kelestarian sumber daya alam sangat penting bagi manusia, khususnya SDA yang ada di Laut karena air merupakan sumber utama bagi kehidupan jika air tercemar maka kelangsungan makhluk hidup menjadi tidak seimbang atau rusak. Upaya Menjaga Keseimbangan SDA (wilayah perairan/laut) dapat dilakukan dengan tidak membuang limbah rumah tangga ke sungai/laut, Membuang sampah di TPA (Tempat Pembuangan Akhir), menangkap ikan menggunakan jala (bukan pukat harimau), tidak menggunakan bahan peledak untuk menangkap ikan, menjaga kelestarian terumbu karang agar ikan-ikan dapat berkembang biak.

Sedangkan tindakan merusak keseimbangan SDA (wilayah perairan/laut), membuang sampah di laut/sungai, menangkap ikan menggunakan pukat harimau, menangkap ikan menggunakan bahan peledak/bom dan penggunaan detergen berlebihan. Akibat tindakan merusak keseimbangan SDA (wilayah perairan/laut) sungai dan laut tercemar, ikan-ikan kecil ikut terjaring menggunakan pukat harimau sehingga tidak dapat melestarikan jenisnya, terumbu karang rusak sehingga ikan-ikan tidak memiliki tempat tinggal.

 

 

 

IPS

Jenis- Jenis Pekerjaan

Masing-masing jenis pekerjaan memiliki hubungan dengan pekerjaan lainnya.

Jenis-jenis Kegiatan Ekonomi Jenis pekerjaan berdasarkan hasilnya dibedakan menjadi 2 yakni Menghasilkan barang Contohnya: petani, nelayan, peternak, pelukis dll dan Menghasilkan jasa contohnya: guru, dokter, tentara, dll.

Jenis-jenis Kegiatan Ekonomi produksi dalam menghasilkan suatu barang atau jasa. Contoh: petani, nelayan dll. Kegiatan distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen. contoh: pengantar ikan hasil nelayan ke pasar, sales obat dll, Kegiatan konsumsi adalah kegiatan manusia dalam menggunakan atau menghabiskan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Contoh: ayah makan ikan, ibu pakai pakaian baru, kegiatan produksi adalah kegiatan dalam menghasilkan suatu barang atau jasa. contoh: petani, nelayan dll. Kegiatan distribusi merupakan kegiatan menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Contoh: pengantar ikan hasil nelayan ke pasar, sales obat dll, kegiatan konsumsi adalah kegiatan manusia dalam menggunakan atau menghabiskan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. contoh: ayah makan ikan, ibu pakai pakaian baru.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 2

 

MEDIA PEMBELAJARAN

 

1.      Gambar Nelayan Mencari Ikan

2.      Gambar Keterhubungan Kegiatan Ekonomi

3.      Gambar Jenis-jenis Pekerjaan.

   

   

 

 

 

 

 

 


 

Lampiran 3

 Lembar Kegiatan Peserta Didik (lkpd)i

(bahasa indonesia)

       Tema               : 4. Berbagai Pekerjaan

       Sub tema          : 2 Pekerjaan di Sekitarku

       Pembelajaran      : 1                                                                         

Kelas/semester    : IV (Empat) / I (Satu)

                                                                                                             

LEMBAR KEGIATAN KELOMPOK 1

 

 


A.  petunjuk umum:                                                              

a.    Berdoalah sebelum mengerjakan!

b.    Tulislah nama anggota kelompokmu pada kotak yang disediakan!

Anggota Kelompok:

1.                                 
2.                                

3.                                

Kegiatan 1

 

 

Alokasi Waktu:

15 menit

                                       

 

 

B.  TUJUAN :

1.     Pesrta didik mampu mengidentifikasi 2 tokoh yang berperan dalam cerita.

2.    Pesrta didik mampu menjelaskan watak 2 tokoh dalam cerita

3.    Pesrta didik mampu menguraikan pendapat pribadi tentang isi cerita atau dongeng dengan alasan yang tepat.

4.    Pesrta didik mampu mengomunikasikan pendapat pribadi tentang isi cerita atau dongeng yang dibaca secara lisan didukung oleh alasan yang tepat.

 

C.  PETUNJUK KHUSUS:

1.   Bacalah cerita di bawah ini dengan seksama!

 

Nelayan Tradisional dan Nelayan Modern

Ayah bekerja sebagai seorang nelayan tradisional. Ayah tinggal di kampong nelayan. Ayah pergi melaut pada malam hari. Ayah membawa sampan dan jaring untuk pergi berlayar.

Saat berlayar, Ayah harus menghadapi ombak dan badai di laut. Karena hanya menggunakan sampan, Ayah tidak dapat pergi melaut terlalu jauh. Tangkapan ikan Ayah kadang banyak kadang sedikit. Semua bergantung pada cuaca. Sampan Ayah tidak bermesin. Ayah tidak perlu membeli bahan bakar. Ayah juga menangkap ikan menggunakan jala dengan lubang besar-besar bertujuan agar ikan kecil tidak ikut terjaring sehingga dapat lestari.

Sekarang ada nelayan yang modern. Kapalnya lebih besar dan menggunakan bantuan mesin sehingga tidak mudah terguncang ombak. Kapal ini menggunakan mesin sehingga memerlukan bahan bakar. Banyak pemilik kapal tidak memedulikan penggunaan bahan bakar. Ada yang boros sehingga mencemari lingkungan perairan. Mereka bisa berlayar ke laut lepas sehingga tangkapan ikannya banyak.

Alat penangkap ikan mereka berupa jaring dan juga radar yang bisa mendeteksi kumpulan ikan, bahkan ada yang menggunakan bom. Jaring yang digunakan nelayan modern saat ini berbeda dengan nelayan tradisional. Mereka menggunakan jaring dengan lubang kecil-kecil sehingga ikan-ikan kecil ikut tertangkap. Jika ikan kecil tertangkap, maka populasi ikan di laut semakin sedikit atau bahkan habis dan tidak dapat melestarikan jenisnya karena telah tertangkap. Selain jaring, nelayan modern ada yang menggunakan bahan peledak sehingga mengakibatkan ikan kecil ikut mati dan merusak terumbu karang. Terumbu karang merupakan tempat tinggal ikan. Jika terumbu karang rusak maka akan banyak ikan yang mati karena tidak memiliki tempat berlindung. Hal ini menyebabkan Sumber Daya Alam yang ada di laut menjadi tidak seimbang dan berakibat fatal bagi kelangsungan hidup manusia.

 

a.    Tuliskanlah tokoh yang ada dalam cerita diatas !

 

b.    Jelaskan masing-masing watak dari tokoh yang ada pada cerita di atas!

 

2.    Diskusikan bersama teman kelompokmu tentang cerita di atas. Apakah seluruh teman kelompokmu menyikai cerita di atas? Mengapa? Bagian mana yang paling kalian sukai? Tuliskan pendapatmu bersama teman kelompokmu tentang cerita di atas pada lembar di bawah ini!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR KEGIATAN KELOMPOK 2

Kegiatan 2

 a. petunjuk umum:

 

a.    Berdoalah sebelum mengerjakan!

b.    Tulislah namamu pada kotak yang disediakan!

Anggota Kelompok:

1.                                 
2.                                

3.                                

Alokasi Waktu:

20 menit

 

 


                                       

 B. TUJUAN :

1.        Dengan membaca teks “Nelayan Tradisional dan Modern”, Peserta didik dapat menentukan  upaya menjaga keseimbangan sumber daya alam di lingkungannya secara benar.

2.        Dengan mencermati teks “Nelayan Tradisional dan Modern”, Peserta didik dapat menganalisis 4 tindakan yang merusak keseimbangan sumber daya alam di lingkungannya secara tepat.

3.     Dengan penugasan, Peserta didik dapat merumuskan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya secara tepat.

 

C.   PETUNJUK KHUSUS:

1.     Cermati teks di bawah ini!

Nelayan Tradisional dan Nelayan Modern

Ayah bekerja sebagai seorang nelayan tradisional. Ayah tinggal di kampong nelayan. Ayah pergi melaut pada malam hari. Ayah membawa sampan dan jaring untuk pergi berlayar.

Saat berlayar, Ayah harus menghadapi ombak dan badai di laut. Karena hanya menggunakan sampan, Ayah tidak dapat pergi melaut terlalu jauh. Tangkapan ikan Ayah kadang banyak kadang sedikit. Semua bergantung pada cuaca. Sampan Ayah tidak bermesin. Ayah tidak perlu membeli bahan bakar. Ayah juga menangkap ikan menggunakan jala dengan lubang besar-besar bertujuan agar ikan kecil tidak ikut terjaring sehingga dapat lestari.

Sekarang ada nelayan yang modern. Kapalnya lebih besar dan menggunakan bantuan mesin sehingga tidak mudah terguncang ombak. Kapal ini menggunakan mesin sehingga memerlukan bahan bakar. Banyak pemilik kapal tidak memedulikan penggunaan bahan bakar. Ada yang boros sehingga mencemari lingkungan perairan. Mereka bisa berlayar ke laut lepas sehingga tangkapan ikannya banyak.

Alat penangkap ikan mereka berupa jaring dan juga radar yang bisa mendeteksi kumpulan ikan, bahkan ada yang menggunakan bom. Jaring yang digunakan nelayan modern saat ini berbeda dengan nelayan tradisional. Mereka menggunakan jaring dengan lubang kecil-kecil sehingga ikan-ikan kecil ikut tertangkap. Jika ikan kecil tertangkap, maka populasi ikan di laut semakin sedikit atau bahkan habis dan tidak dapat melestarikan jenisnya karena telah tertangkap. Selain jaring, nelayan modern ada yang menggunakan bahan peledak sehingga mengakibatkan ikan kecil ikut mati dan merusak terumbu karang. Terumbu karang merupakan tempat tinggal ikan. Jika terumbu karang rusak maka akan banyak ikan yang mati karena tidak memiliki tempat berlindung. Hal ini menyebabkan Sumber Daya Alam yang ada di laut menjadi tidak seimbang dan berakibat fatal bagi kelangsungan hidup manusia.

 

2.    Berdasarkan teks di atas, diskusikan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

a.    Apa saja upaya yang harus kita dilakukan untuk menjaga kelestarian Sumber Daya Alam di sungai dan laut?

 

1)                                                               

2)                                                               

3)                                                               

4)                                                               

 

b.    Apa saja tindakan manusia yang dapat merusak kelestarian Sumber Daya Alam di sungai dan laut?

1)                                                               

2)                                                               

3)                                                               

4)                                                               

 

 

 

c.    Apa akibat yang terjadi jika manusia manusia melakukan tindakan yang merusak Sumber Daya Alam di sungai dan laut?

1)                                                               

2)                                                               

3)                                                               

 

 

d.    Menurut kelompokmu apakah penting bagi manusi menjaga kelestarian SDA di sungai dan laut? Uraikan alasnmu!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 


A. 

LEMBAR KEGIATAN KELOMPOK 3

petunjuk umum:                                                                   

a.    Berdoalah sebelum mengerjakan!

b.    Tulislah nama anggota kelompokmu pada kotak yang disediakan!

Anggota Kelompok:

1.                                 
2.                                

3.                                

 


Kegiatan 3

Waktu : 20 menit               

 

 


B.  Tujuan :

1.     Peserta didik dapat mengidentifikasi 3 jenis kegiatan ekonomi di lingkungan sekitar.

2.    Peserta didik dapat mengidentifikasi hubungan 2 jenis pekerjaan yang terlibat pada suatu kegiatan ekonomi tertentu.

3.    Peserta didik dapat menentukan hasil dari 6 pekerjaan pada kegiatan ekonomi.

4.    Peserta didik dapat menyimpulkan 2 jenis pekerjaan berdasarkan hasilnya.

5.    Peserta didik dapat membuat laporan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakan di bidang pekerjaan.

 

C.  PETUNJUK KHUSUS:

1.     Amati gambar di bawah ini!

2.    Diskusikan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bersama kelompokmu!

a.    Kegiatan ekonomi dibedakan menjadi 3 jenis yaitu kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi. Kegiatan produksi merupakan kegiatan yang menghasilkan suatu barang atau jasa. Kegiatan distribusi merupakan kegiatan menyalurkan barang produksi ke konsumen. Sedangkan kegiatan konsumsi merupakan kegiatan memakai, memakanataupun menggunakan barang untuk memenuhi kebutuhan. Berd

b.    asarkan gambar di atas, sebutkan kegiatan ekonomi apa saja yang kalian temukan! Berilah masing-masing satu contoh!

 

 

 

 

 

c.    Jenis pekerjaan apa saja yang saling berhubungan pada gambar di atas?

 

 

 

 

 

d.    Tentukan hasil dari masing-masing pekerjaan di atas!

 

 

 

 

 

3.    Amati gambar jenis-jenis pekerjaan di lingkunganmu yang ditunjukkan gurumu di depan kelas.

 

4.    Tulis hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini!

No.

Nama Pekerjaan

Menghasilkan

Ket.

Barang

Bukan barang

1.

Tukang cukur

 

Jasa

2.

Peternak ayam

 

Telur dan daging

3.

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

6.

 

 

 

 

7.

 

 

 

 

8.

 

 

 

 

 

Berdasarkan tabel di atas, maka dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasilnya, pekerjaan dapat dibedakan menjadi 2 yaitu pekerjaan yang menghasilkan                           dan                                !

 

 

 

 

 

 


 


Lampiran 4

Lembar Penilaian Sikap Dan Keterampilan

 

A.    Jurnal Penilaian Sikap

B.      Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan peserta didik dalam sikap  santun, disiplin, tanggung jawab, dan percaya diri melalui jurnal.

C.      Petunjuk : Berilah tanda centang ( ) pada sikap setiap peserta didik yang terlihat !

 

 

 

No

Nama Peserta didik

 

Disiplin

 

Santun

Percaya

diri

Tanggung

jawab

T

BT

T

BT

T

BT

T

BT

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

T              : Terlihat

BT            : Belum terlihat

 

Keterangan :

     Disipilin bisa terlihat dari login tepat waktu atau tidak

     Santun bisa terlihat dari bahasa yang digunakan ketika bertanya, memberikan  

     atau menanggapi komentar.

     Percaya diri bisa terlihat dari keaktifan bertanya, memberikan atau 

     menanggapi komentar dan mempresentasikan tugas.

     Tanggungjawab bisa terlihat dari selesai tepat waktu atau tidaknya tugas  

     yang diberikan.

 

D.      Penilaian Keterampilan

1.      Rubrik keterampilan mengomunikasikan pendapat pribadi tentang isi cerita atau dongeng yang dibaca secara lisan didukung oleh alasan yang tepat.

 

No

Nama Siswa

Aspek yang diamati

Ketepatan Pendapat dan Alasan

Nilai Akhir

Ket

 

 

4( BS)

3 (B)

2(C)

1(PB)

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan

Kriteria

Baik Sekali

Baik

Cukup

Perlu Bimbingan

4

3

2

1

Ketepatan pendapat dan alasan

Peserta didik secara tepat dan lugas menyatakan pendapat (pernyataan suka/tidak suka) terhadap suatu cerita disertai dengan alasan

Peserta didik secara tepat menyatakan pendapat (pernyataan suka/tidak suka) terhadap suatu cerita disertai dengan alasan

Peserta didik secara ragu-ragu menyatakan pendapat (pernyataan suka/tidak suka) terhadap suatu cerita tanpa disertai alasan

Peserta didik tidak dapat menyatakan pendapat (pernyataan suka/tidak suka) terhadap suatu cerita

 

Skor tertinggi / skor maksimal  : 4 x 1 = 4

Skor terendah                            : 1 × 1 = 1

Skor akhir =  × 100

Kriteria :


85 – 100 : Sangat Baik.

55    – 84  : Baik.

55 – 69   : Cukup.

0 – 54     : Kurang Baik.


 

 

2.      Rubrik keterampilan membuat laporan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakan di bidang pekerjaan.

No

Nama Siswa

Aspek yang diamati

Ketepatan Pendapat dan Alasan

Nilai Akhir

Ket

 

 

4( BS)

3 (B)

2(C)

1(PB)

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan

Kriteria

Baik Sekali

Baik

Cukup

Perlu Bimbingan

4

3

2

1

Ketepatan jenis pekerjaan

Peserta didik mampu melaporkan 3 pekerjaan yang ada di sekitar

Peserta didik mampu melaporkan 2 pekerjaan yang ada di sekitar

Peserta didik mampu melaporkan 1 pekerjaan yang ada di sekitar

Peserta didik tidak dapat melaporkan pekerjaan yang ada di sekitar

Ketepatan hasil

Peserta didik mampu melaporkan 3 hasil dari pekerjaan yang ada di sekitar

Peserta didik mampu melaporkan 2 hasil dari pekerjaan yang ada di sekitar

Peserta didik mampu melaporkan 1 hasil dari pekerjaan yang ada di sekitar

Peserta didik tidak mampu melaporkan hasil dari pekerjaan yang ada di sekitar

Skor tertinggi / skor maksimal  : 4 x 2 = 8

Skor terendah                            : 1 x 2 = 2

 

Skor akhir =  × 100

Kriteria :


85 – 100 : Sangat Baik.

56    – 84  : Baik.

55 – 69   : Cukup.

0 – 54   : Kurang Baik


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KISI-KISI SOAL

 

Kelas/Semester                    : 4 /1

Tema                                     : 4. Berbagai Pekerjaan

Sub Tema                             : 2. Pekerjaan di Sekitarku

No

Muatan Pelajaran

Kompetesi Dasar

Indikator Soal

Bentuk Soal

Soal

No Soal

1

Bahasa Indonesia

Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya).

Disajikan teks, peserta didk mampu menentukan tokoh dari cerita “ Nelayan Tradisional dan Modern”.

Isian

-Sebutkan tokoh yang berperan dalam cerita di atas!

 

-Siapakah tokoh yang kamu sukai pada cerita nomor 1 ? Jelasakan alasanmu !

1

 

 

 

 

3

Disajikan teks, peserta didk mampu membandingkan watak dari tokoh pada sebuah cerita.

Isian

-Jelaskan watak-watak tokoh dalam cerita !

2

2

IPS

 

Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.

Dengan mengaitkan gambar peserta didk  mampu menyebutkan  kegiatan ekonomi.

Isian

-Apa saja jenis kegiatan ekonomi yang ada pada gambar !

 

-Gambar di samping merupakan pekerjaaan yang menghasilkan…

8

 

 

 

 

9

Disajikan teks pernyataan, siswa mampu menyimpulkan 2 jenis pekerjaan berdasarkan hasilnya.

Isian

-Berdasarkan pernyataan di atas, simpulan 2 jenis pekerjaan berdasarkan hasilnya!

10

3

IPA

Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.

Mengetahui upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan Sumber Daya Alam di sungai/laut.

Isian

-Tuliskan 4 upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan Sumber Daya Alam di sungai/laut!

 

-Apakah menjaga keseimbangan sumber daya alam di sungai/laut itu penting?Mengapa demikian ?

4

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

Menyusun tindakan yang merusak keseimbangan sumber daya alam di sungai/laut.

 

-Tuliskan 4 tindakan yang merusak keseimbangan sumber daya alam di sungai/laut!

 

-Jelaskan 3 akibat dari tindakan yang merusak keseimbangan sumber daya alam di sungai/laut!

5

 

 

 

 

 

 

6


 

SOAL EVALUASI

        Lampiran 5

 

Nama:                                  

No. Absen:                                          

Nilaiku:

 

 


Tema                                   : 4. Berbagai Pekerjaan

Subtema / PB                 : 2 Pekerjaan di Sekitarku / 1

Alokasi Waktu               : 10 menit

 

 

 

 

 

 

 


Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar!

1.      Ali bermain bola dengan teman-temanya.Ketika bola yang ditendang Udin mengenai pelipis Ali, ia langsung marah-marah. Meskipun teman Udin sudah meminta  maaf kepadanya, ia terus marah-marah. Padahal, temanya itu tidak sengaja menendang bola mengenai Ali. Ali memang seperti itu sifatnya. Teman-teman Ali sudah mengetahui wataknya.

Sebutkan tokoh yang berperan dalam cerita di atas!

 

Jawab:                                                                                                                                                                                                                                               

2.      Jelaskan watak-watak tokoh dalam cerita pada soal nomor 1!

Jawab:                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           

3.      Siapakah tokoh yang kamu sukai pada cerita nomor 1? Jelaskan alasanmu!

Jawab:                                                                                                                                                                                                                                                .

4.      Tuliskan 4 upaya dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan Sumber Daya Alam di sungai/laut!

Jawab:                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           

5.      Tuliskan 4 tindakan yang merusak keseimbangan sumber daya alam di sungai/laut!

Jawab:                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           

6.      Jelaskan 3 akibat dari tindakan merusak keseimbangan sumber daya alam di sungai/laut!

Jawab:                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             

7.      Apakah menjaga keseimbangan sumber daya alam di sungai/laut itu penting? Mengapa demikian?

Jawab:                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           

8.      Amati gambar di bawah ini!

Apa saja jenis kegiatan ekonomi yang ada pada gambar di atas? Sebutkan 3 kegiatan!

Jawab:                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             

9.       gambar disamping merupakan contoh pekerjaan yang menghasilkan                                        

10.  Nelayan bekerja menghasilkan ikan. Ikan merupakan contoh barang yang dihasilkan oleh Nelayan. Sedangkan polisi, bekerja melayani masyarakat. Ia tidak menghasilkan barang tetapi memberi pelayanan jasa bagi manusia.

Berdasarkan pernyataan di atas, simpulkan  2 jenis pekerjaan berdasarkan hasilnya!

Jawab:                                                                                                                                                                                                                                               

 

 

 

 

 

 

 

KUNCI JAWABAN DAN PEDOMAN PENSKORAN

 

No

Kunci Jawaban

Rambu-rambu penskoran

Skor Maks

1.

Ali dan Udin

Benar diberi skor 10

10

2.

Ali memiliki sifat pemarah

Udin memiliki sifat besar hati dan baik

Benar diberi skor 10

10

3.

Udin karena ia sabar dan berani mengPesrta didiki kesalahan serta meminta maaf

Benar diberi skor 15

15

4.

a.       Tidak membuang limbah rumah tangga ke sungai/laut

b.      Membuang sampah di TPA (Tempat Pembuangan Akhir)

c.       Menangkap ikan menggunakan jala (bukan pukat harimau)

d.      Tidak menggunakan bahan peledak untuk menangkap ikan

e.       Menjaga kelestarian terumbu karang agar ikan-ikan dapat berkembang biak

Benar diberi skor 15

15

5.

a.       Membuang sampah di laut/sungai

b.      Menangkap ikan menggunakan pukat harimau

c.       Menangkap ikan menggunakan bahan peledak/bom

d.      Menggunakan penggunaan detergen berlebihan

Benar diberi skor 15

15

6.

a.       Sungai dan laut tercemar

b.      Ikan-ikan kecil ikut terjaring menggunakan pukat harimau sehingga tidak dapat melestarikan jenisnya

c.       Terumbu karang rusak sehingga ikan-ikan tidak memiliki tempat tinggal

Benar diberi skor 15

15

7.

Ø  Menjaga kelestarian sumber daya alam sangat penting bagi manusia, khususnya SDA yang ada di Laut karena air merupakan sumber utama bagi kehidupan jika air tercemar maka kelangsungan makhluk hidup menjadi tidak seimbang atau rusak.

(Kebijakan Guru)

Benar diberi skor 20

20

8.

Ø  Produksi à Nelayan menghasilkan Ikan

Ø  Distribusi à penyalur ikan dari nelayan ke pasar

Ø  Konsumsi à ikan dikonsumsi oleh pembeli

 

 

9.

Ø  Jasa

 

 

10

Ø  Barang

Ø  Jasa

 

 

Jumlah Skor Maksimal

100

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian Pengetahuan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D.    Pengajaran Remedial

Pembelajaran ulang ( mengulang pembelajaran yang belum dipahami oleh peserta didik dan mengerjakan ulang soal yang telah dikerjakan tadi).

 

No

Soal

Kunci Jawaban

1

Berdasarkan teks di atas, tokoh yang pemarah adalah….

Ali

2

Sifat yang harus ditiru dari teks tersebut adalah….

Kalau salah minta maaf

3

Penggunaan Pukat harimau oleh nelayan dilarang pemerintah karena….

Karena akan habis ikan dari yang kecil sampai yang besar

4

Tuliskan 3 alat yang digunakan nelayan tradisional!

Perahu, jala kecil, tombak,…

5

Tuliskan 3 tindakan yang merusak lingkungan air/laut!

Menggunakan bom peledak menangkap ikan, menggunakan pukat harimau, menggunakan racun ,…

 

 

E.     Pengajaran Pengayaan

Tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi.

No

Soal

Kunci Jawaban

1

Klasifikasikanlah tokoh dalam teks cerita di atas ?

Ali bersifat pemarah, Udin orangnya suka minta maaf .

2

Tuliskanlah persamaan dan perbedaan dari nelayan tradisional dan nelayan modern!

1.Persamaan

menangkap ikan, menggunakan jaring, menghadapi badai dan ombak.

2.Perbedaan

Nelayan tradisional menggunakan sampan, didaerah pantai, tenaga angin dan tanpa radar. Sedangkan nelayan modern menggunakan kapal, sampai ke tengah laut , tenaga mesin dan menggunakan radar.

3

Kenapa dalam penggunaan teknologi penangkapan ikan yang berlebihan dapat merusak ekosistem ?

Karena beberapa teknologi penangkapan ikan bahkan sudah dilarang penggunaanya seperti penggunaan bom dan pukat harimau bisa menghancurkan terumbu karang serta ikan-ikan kecil sehingga kedepannya ekosistem air laut rusak.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini