RPP PBL
Kompetensi Dasar: 3.5 Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita,
dongeng, dan sebagainya). 4.5 Menyajikan
petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual
menggunakan kosakata
baku dan kalimat efektif. Bahasa Indonesia I P S Kompetensi Dasar: 3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan
hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi. 4.3 Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan
kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi I p I P A Kompetensi Dasar: 3.8 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan
dan pelestarian sumber
daya alam di
lingkungannya. 4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang orang di lingkungannya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SDN 18 Gunung Tuleh
Kelas / Semester :
IV (Empat) / I
Tema 4 :
Berbagai Pekerjaan
Sub Tema 2 : Pekerjaan
di Sekitarku
Pembelajaran :
1
Alokasi
Waktu : 1hari
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1 |
: |
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. |
KI 2 |
: |
Menunjukkan
perilPesrta didik jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.. |
KI 3 |
: |
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, m elihat, membaca) dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah. |
KI 4 |
: |
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilPesrta didik anak beriman dan berakhlak mulia. |
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi
Dasar (KD) |
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK) |
Bahasa Indonesia 3.5 Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra
(cerita, dongeng, dan sebagainya). 4.5 Mengomunikasikan pendapat pribadi tentang isi buku
sastra yang dipilih dan dibaca sendiri secara lisan dan tulis yang didukung
oleh alasan. |
3.5.1 Menentukan tokoh-tokoh yang berperan dalam cerita (C3) 3.5.2 Menemukan watak tokoh dalam cerita .(C4) 4.5.1 Merumuskan pendapat pribadi tentang isi cerita yang dibaca secara
lisan didukung oleh alasan.(P4) |
IPA 3.8 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan
pelestarian sumber daya alam di lingkungannya. 4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di
lingkungannya |
3.8.1 Menentukan upaya menjaga keseimbangan sumber daya alam di
lingkungannya.(C3) 3.8.2 Menganalisis tindakan yang merusak keseimbangan sumber daya alam di
lingkungannya.(C4) 4.8.1 Merumuskan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama
orang-orang di lingkungannya.(P4) |
IPS 3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya
dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di
lingkungan sekitar sampai provinsi. 4.3 Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam
meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di
lingkungan sekitar sampai provinsi. |
3.3.1 Menentukan jenis kegiatan ekonomi di lingkungan sekitar.(C3) 3.3.2 Menganalisis hasil dari setiap pekerjaan pada kegiatan ekonomi.(C4) 4.3.1 Mendesain laporan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam
meningkatkan kehidupan masyarakan di bidang pekerjaan.(P5) |
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan
membaca teks cerita Nelayan
Tradisional dan Modern, Peserta didik dapat menentukan 2 tokoh yang berperan dalam cerita secara benar.
2.
Dengan
membaca teks cerita Nelayan
Tradisional dan Modern, Peserta
didik dapat menemukan watak tokoh dalam cerita dengan tepat.
3.
Dengan
penugasan, Peserta didik dapat merumuskan
pendapat pribadi tentang isi cerita yang dibaca
secara lisan didukung oleh alasan yang tepat.
4.
Dengan
membaca teks “Nelayan Tradisional dan Modern”, Peserta didik dapat menentukan upaya menjaga keseimbangan sumber daya alam di
lingkungannya secara benar.
5.
Dengan
mencermati teks “Nelayan Tradisional dan Modern”, Peserta didik dapat menganalisis 4 tindakan
yang merusak keseimbangan sumber daya alam di lingkungannya secara tepat.
6.
Dengan
penugasan, Peserta didik dapat merumuskan kegiatan
upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya secara tepat.
7.
Dengan
pengamatan gambar keterhubungan kegiatan ekonomi, Peserta didik dapat menentukan jenis kegiatan ekonomi di lingkungan sekitar secara tepat.
8.
Dengan
pengamatan gambar keterhubungan kegiatan ekonomi, Peserta didik dapat Menganalisis hasil
dari setiap pekerjaan pada kegiatan ekonomi tertentu secara tepat.
9.
Dengan
penugasan, Peserta didik dapat Mendesain laporan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam
meningkatkan kehidupan masyarakan di bidang pekerjaan secara benar.
D.
Media dan
Sumber Belajar
Media Pembelajaran |
: |
1.
Gambar
Nelayan Mencari Ikan 2.
Gambar
Keterhubungan Kegiatan Ekonomi 3.
Gambar
4.
Gambar Jenis-jenis
Pekerjaan. |
Sumber
Belajar |
: |
1. Afriki, dkk.. 2017. Buku
Guru Tema 4
Kelas 4 Berbagai Pekerjaan.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2. Afriki, dkk.. 2017. Buku Peserta
didik Tema 4 Kelas 4 Berbagai Pekerjaan.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
E.
Pendekatan dan
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan |
: |
Saintifik (mengamati,
menanya, mencoba, menalar dan
mengkomunikasikan). |
2. Model |
: |
Prolem Based Learning ( PBL ) Sintaks Model Prolem Based
Learning 1. Orientasi peserta didik 2. Mengorganisasi peserta didik untuk
belajar 3. Membimbing
penyelidikan individu maupun
kelompok 4. Mengembangak an
dan menyajikan
hasil karya 5. Menganalisis dan
mengevaluasi proses pemecahan
Masalah |
3. Metode |
: |
Tanya jawab, diskusi,
pengamatan, penugasan, penjelasan. |
F.
Materi
Pembelajaran
Bahasa Indonesia: Teks Cerita
IPA: Pentingnya Menjaga Keseimbangan SDA
IPS: Jenis-jenis Pekerjaan
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
No. |
Kegiatan |
Langkah-langkah
Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
1 |
Kegiatan Pendahuluan |
1. Guru mengucapkan
salam dan menanyakan kabar peserta didik. ( Religius ) 2. Peserta didik dengan
bimbingan guru berdoa sebelum pembelajaran dimulai. (
Religius ) 3. Guru mengecek
kehadiran peserta didik 4. Peserta didik menyanyikan salah satu lagu wajib Nasional
Tanah Airku (Nasionalisme) 5. Peserta didik diminta
bercerita tentang kegiatan sehari-hari.(Literasi) 6. Peserta didik dikondisikan guru sebelum
memulai kegiatan pembelajaran dengan memeriksa kerapian, posisi dan tempat
duduk yang disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.(Kedisiplinan) 7. Apersepsi Peserta didik
bertanya jawab bersama guru tentang pengalamannya dalam kehidupan sehari-hari “Anak-anak, apa yang harus dilakukan manusia agar
dapat memenuhi kebutuhan? Apa saja pekerjaan yang ada di sekitarmu” 8. Peserta didik mendengarkan penyampaian tujuan pembelajaran oleh guru. 9. Pemberian Motivasi Peserta didik mendapatkan motivasi dari guru. Pada hari
ini, kalian harus belajar dengan semangat dan senang ya...! |
10 menit |
2 |
Kegiatan Inti |
Sintaks 1 Orientasi peserta didik pada masalah 1.
Peserta didik mengamati
gambar “Nelayan Mencari Ikan” elalui slide power point secara klasikal. 2.
Peserta didik melakukan tanya jawab bersama guru tentang gambar yang diamati. Kamu bapak kamu apa pekerjaannya ? 3.
Peserta didik membaca teks cerita berjudul “Nelayan tradisional dan
Modern”. 4.
Peserta didik
ditugaskan untuk menguraikan pendapat pribadi tentang isi cerita dengan
alasan yang tepat. 5.
Peserta didik mendapat penguatan dari guru dan mendapat LKPD secara
kelompok. Sintak 2 Mengorganisasikan
Peserta Didik Untuk Belajar 6.
Peserta didik berkelompok sesuai dengan
arahan guru (3 kelompok
belajar) 7.
Guru
memberikan LKPD kepada peserta didik sesuai dengan permasalahan yang akan
diselesaikan setiap kelompok. 8.
Peserta didik membaca
teks “Nelayan Tradisional dan Modern” untuk mengidentifikasi 4 upaya menjaga
keseimbangan sumber daya alam di lingkungannya. 9.
Peserta didik mengidentifikasi
4 tindakan yang merusak keseimbangan sumber daya alam di lingkungannya. Sintak 3 Membimbing Penyelidikan Individu 10. Peserta didik berdiskusi kelompok untuk menjelaskan 3 akibat
dari tindakan merusak keseimbangan sumber daya alam di lingkungannya 11. Peserta didik berdiskusi kelompok untuk menguraikan
pentingnya upaya menjaga keseimbangan sumber daya alam di lingkungan dengan
alasan yang tepat. 12. Peserta didik berdiskusi kelompok untuk menentukan hasil
dari 6 pekerjaan pada kegiatan ekonomi. 13. Peserta didik berdiskusi kelompok untuk menyimpulkan 2 jenis
pekerjaan berdasarkan hasilnya. 14. Guru memberikan solusi pada permasalahan setiap kelompok/individu dan memberikan kesempatan untuk membuat
karya. Sintak 4 Mengembangkan dan Menyajikan Hasil 15. Setiap kelompok diminta untuk mengembangkanhasilpenyelidikannya
kedalam LKPD yang sudah diberikan oleh guru. 16. Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikannya hasil dari penyelidikan
bersama teman kelompoknya. 17. Peserta didik mempresentasikan
hasil diskusi kelompok untuk ditanggapi secara klasikal dan mendapat
penguatan dari guru. 18. Bagi kelompok yang tidak sedang presentasi diminta
untuk mencermati, memberi pertanyaan dan saran kepada kelompok yang
sedang presentasi. Sintak 5 Menganalisis dan mengevaluasi proses
pemecahan masalah 19.
Guru bersama peserta didik melakukan
evaluasi terhadap hasil belajar. 20.
Peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya apabila belum paham
mengenai materi pembelajran hari ini. |
50 menit |
3 |
Kegiatan Penutup |
1. Refleksi a. Peserta didik diberi kesempatan untuk
bertanya tentang materi yang belum dimengerti. b. Peserta didik bersama guru bertanya jawab
tentang kesan dan pesan pembelajaran hari ini 2. Kesimpulan Peserta didik menyimpulkan pembelajaran yang
telah dilakukan. 3. Umpan Balik Peserta didik mengerjakan soal evaluasi 4. Tindak Lanjut Peserta didik ditugaskan mempelajari kembali materi pembelajaran hari ini dan mencari contoh
macam-macam pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa di daerah sekitar. 5. Informasi Kegiatan Pertemuan Selanjutnya Peserta didik mendengarkan informasi dari
guru tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya |
10 menit |
H. Teknik dan Instrumen Penilaian
1.
Teknik
penilaian
a. Sikap :
observasi dan pencatatan sikap Peserta
didik selama kegiatan
b. Pengetahuan :
tes tulis
c. Keterampilan :
unjuk kerja
2.
Instrument
Penilaian
a. Penilaian sikap :
Lembar
observasi & Jurnal
harian catatan Peserta didik
b. Penilaian pengetahuan : Lembar soal evaluasi
c. Penilaian keterampilan :
1)
Rubrik
keterampilan mengomunikasikan pendapat pribadi tentang isi cerita yang dibaca
secara lisan didukung oleh alasan yang tepat
2)
Rubrik
keterampilan melaksanakan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama
orang-orang di lingkungannya
3)
Rubrik
keterampilan membuat laporan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam
meningkatkan kehidupan masyarakan di bidang pekerjaan
Mengetahui, Siligawan, 22 Oktober 2021
Kepala Sekolah, Mahasiswa,
JUNAIDI, S.Pd.SD ENDANG SAPUTRA,
S.Pd
NIP. 196506241986031008 NIM. 21300146
BAHAN AJAR
Bahasa Indonesia
Teks cerita
Nelayan
Tradisional dan Nelayan Modern
Ayah bekerja sebagai seorang nelayan tradisional. Ayah
tinggal di kampong nelayan. Ayah pergi melaut pada malam hari. Ayah membawa
sampan dan jaring untuk pergi berlayar.
Saat berlayar, Ayah harus menghadapi ombak dan badai
di laut. Karena hanya menggunakan sampan, Ayah tidak dapat pergi melaut terlalu
jauh. Tangkapan ikan Ayah kadang banyak kadang sedikit. Semua bergantung pada
cuaca. Sampan Ayah tidak bermesin. Ayah tidak perlu membeli bahan bakar. Ayah
juga menangkap ikan menggunakan jala dengan lubang besar-besar bertujuan agar
ikan kecil tidak ikut terjaring sehingga dapat lestari.
Sekarang ada nelayan yang modern. Kapalnya lebih besar
dan menggunakan bantuan mesin sehingga tidak mudah terguncang ombak. Kapal ini
menggunakan mesin sehingga memerlukan bahan bakar. Banyak pemilik kapal tidak
memedulikan penggunaan bahan bakar. Ada yang boros sehingga mencemari
lingkungan perairan. Mereka bisa berlayar ke laut lepas sehingga tangkapan
ikannya banyak.
IPA
Pentingnya Menjaga Keseimbangan Sumber Daya Alam
Menjaga kelestarian
sumber daya alam sangat penting bagi manusia, khususnya SDA yang ada di Laut
karena air merupakan sumber utama bagi kehidupan jika air tercemar maka
kelangsungan makhluk hidup menjadi tidak seimbang atau rusak. Upaya Menjaga
Keseimbangan SDA (wilayah perairan/laut) dapat dilakukan dengan tidak membuang
limbah rumah tangga ke sungai/laut, Membuang sampah di TPA (Tempat Pembuangan
Akhir), menangkap ikan menggunakan jala (bukan pukat harimau), tidak
menggunakan bahan peledak untuk menangkap ikan, menjaga kelestarian terumbu
karang agar ikan-ikan dapat berkembang biak.
Sedangkan tindakan
merusak keseimbangan SDA (wilayah perairan/laut), membuang sampah di
laut/sungai, menangkap ikan menggunakan pukat harimau, menangkap ikan menggunakan
bahan peledak/bom dan penggunaan detergen berlebihan. Akibat tindakan merusak keseimbangan
SDA (wilayah perairan/laut) sungai dan laut tercemar, ikan-ikan kecil ikut
terjaring menggunakan pukat harimau sehingga tidak dapat melestarikan jenisnya,
terumbu karang rusak sehingga ikan-ikan tidak memiliki tempat tinggal.
IPS
Jenis- Jenis Pekerjaan
Masing-masing jenis
pekerjaan memiliki hubungan dengan pekerjaan lainnya.
Jenis-jenis Kegiatan
Ekonomi Jenis pekerjaan berdasarkan hasilnya dibedakan menjadi 2 yakni Menghasilkan
barang Contohnya: petani, nelayan, peternak, pelukis dll dan Menghasilkan jasa
contohnya: guru, dokter, tentara, dll.
Jenis-jenis Kegiatan
Ekonomi produksi dalam menghasilkan suatu barang atau jasa. Contoh: petani,
nelayan dll. Kegiatan distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang atau jasa
dari produsen ke konsumen. contoh: pengantar ikan hasil nelayan ke pasar, sales
obat dll, Kegiatan konsumsi adalah kegiatan manusia dalam menggunakan atau
menghabiskan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Contoh: ayah makan
ikan, ibu pakai pakaian baru, kegiatan produksi adalah kegiatan dalam menghasilkan
suatu barang atau jasa. contoh: petani, nelayan dll. Kegiatan distribusi
merupakan kegiatan menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen.
Contoh: pengantar ikan hasil nelayan ke pasar, sales obat dll, kegiatan
konsumsi adalah kegiatan manusia dalam menggunakan atau menghabiskan barang
atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. contoh: ayah makan ikan, ibu pakai pakaian
baru.
MEDIA
PEMBELAJARAN
1.
Gambar
Nelayan Mencari Ikan
2.
Gambar
Keterhubungan Kegiatan Ekonomi
3.
Gambar
Jenis-jenis Pekerjaan.
Lembar Kegiatan Peserta Didik (lkpd)i
(bahasa indonesia)
Tema :
4. Berbagai Pekerjaan
Sub
tema : 2 Pekerjaan di Sekitarku
Pembelajaran : 1
Kelas/semester : IV (Empat) / I (Satu)
LEMBAR KEGIATAN KELOMPOK 1
A. petunjuk umum:
a. Berdoalah sebelum mengerjakan!
b. Tulislah nama anggota kelompokmu pada kotak
yang disediakan!
Anggota
Kelompok: 1. 3. Kegiatan 1
2.
Alokasi Waktu: 15 menit
B.
TUJUAN :
1.
Pesrta didik mampu
mengidentifikasi 2 tokoh yang berperan dalam cerita.
2.
Pesrta didik mampu
menjelaskan watak 2 tokoh dalam cerita
3.
Pesrta didik mampu
menguraikan pendapat pribadi tentang isi cerita atau dongeng dengan alasan yang
tepat.
4.
Pesrta didik mampu
mengomunikasikan pendapat pribadi tentang isi cerita atau dongeng yang dibaca
secara lisan didukung oleh alasan yang tepat.
C.
PETUNJUK KHUSUS:
1.
Bacalah cerita di bawah
ini dengan seksama!
Nelayan
Tradisional dan Nelayan Modern
Ayah bekerja sebagai seorang nelayan tradisional. Ayah
tinggal di kampong nelayan. Ayah pergi melaut pada malam hari. Ayah membawa
sampan dan jaring untuk pergi berlayar.
Saat berlayar, Ayah harus menghadapi ombak dan badai
di laut. Karena hanya menggunakan sampan, Ayah tidak dapat pergi melaut terlalu
jauh. Tangkapan ikan Ayah kadang banyak kadang sedikit. Semua bergantung pada
cuaca. Sampan Ayah tidak bermesin. Ayah tidak perlu membeli bahan bakar. Ayah
juga menangkap ikan menggunakan jala dengan lubang besar-besar bertujuan agar
ikan kecil tidak ikut terjaring sehingga dapat lestari.
Sekarang ada nelayan yang modern. Kapalnya lebih besar
dan menggunakan bantuan mesin sehingga tidak mudah terguncang ombak. Kapal ini
menggunakan mesin sehingga memerlukan bahan bakar. Banyak pemilik kapal tidak
memedulikan penggunaan bahan bakar. Ada yang boros sehingga mencemari
lingkungan perairan. Mereka bisa berlayar ke laut lepas sehingga tangkapan
ikannya banyak.
a.
Tuliskanlah tokoh yang ada
dalam cerita diatas !
b.
Jelaskan masing-masing
watak dari tokoh yang ada pada cerita di atas!
2.
Diskusikan bersama teman
kelompokmu tentang cerita di atas. Apakah seluruh teman kelompokmu menyikai
cerita di atas? Mengapa? Bagian mana yang paling kalian sukai? Tuliskan
pendapatmu bersama teman kelompokmu tentang cerita di atas pada lembar di bawah
ini!
LEMBAR KEGIATAN KELOMPOK 2 Kegiatan 2
a. Berdoalah sebelum mengerjakan!
b. Tulislah namamu pada kotak yang disediakan!
Anggota
Kelompok: 1. 3. Alokasi Waktu: 20 menit
2.
B. TUJUAN :
1.
Dengan
membaca teks “Nelayan Tradisional dan Modern”, Peserta didik dapat menentukan upaya menjaga keseimbangan sumber daya alam di
lingkungannya secara benar.
2.
Dengan
mencermati teks “Nelayan Tradisional dan Modern”, Peserta didik dapat menganalisis 4 tindakan
yang merusak keseimbangan sumber daya alam di lingkungannya secara tepat.
3.
Dengan
penugasan, Peserta didik dapat merumuskan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam
bersama orang-orang di lingkungannya secara tepat.
C.
PETUNJUK KHUSUS:
1.
Nelayan
Tradisional dan Nelayan Modern
Ayah bekerja sebagai
seorang nelayan tradisional. Ayah tinggal di kampong nelayan. Ayah pergi melaut
pada malam hari. Ayah membawa sampan dan jaring untuk pergi berlayar.
Saat berlayar, Ayah
harus menghadapi ombak dan badai di laut. Karena hanya menggunakan sampan, Ayah
tidak dapat pergi melaut terlalu jauh. Tangkapan ikan Ayah kadang banyak kadang
sedikit. Semua bergantung pada cuaca. Sampan Ayah tidak bermesin. Ayah tidak
perlu membeli bahan bakar. Ayah juga menangkap ikan menggunakan jala dengan
lubang besar-besar bertujuan agar ikan kecil tidak ikut terjaring sehingga
dapat lestari.
Sekarang ada nelayan
yang modern. Kapalnya lebih besar dan menggunakan bantuan mesin sehingga tidak
mudah terguncang ombak. Kapal ini menggunakan mesin sehingga memerlukan bahan
bakar. Banyak pemilik kapal tidak memedulikan penggunaan bahan bakar. Ada yang boros
sehingga mencemari lingkungan perairan. Mereka bisa berlayar ke laut lepas
sehingga tangkapan ikannya banyak.
2. Berdasarkan teks di atas, diskusikan pertanyaan-pertanyaan
di bawah ini!
a. Apa saja upaya yang harus kita dilakukan untuk menjaga
kelestarian Sumber Daya Alam di sungai dan laut?
1)
2)
3)
4)
b. Apa saja tindakan manusia yang dapat merusak
kelestarian Sumber Daya Alam di sungai dan laut?
1)
2)
3)
4)
c. Apa akibat yang terjadi jika manusia manusia melakukan
tindakan yang merusak Sumber Daya Alam di sungai dan laut?
1)
2)
3)
d. Menurut kelompokmu apakah penting bagi manusi menjaga
kelestarian SDA di sungai dan laut? Uraikan alasnmu!
A. LEMBAR KEGIATAN KELOMPOK 3
a. Berdoalah sebelum mengerjakan!
b. Tulislah nama anggota kelompokmu pada kotak
yang disediakan!
Anggota
Kelompok: 1. 3.
2.
Kegiatan
3
Waktu : 20 menit
B. Tujuan :
1.
Peserta didik dapat mengidentifikasi 3 jenis kegiatan
ekonomi di lingkungan sekitar.
2.
Peserta didik dapat mengidentifikasi hubungan 2 jenis
pekerjaan yang terlibat pada suatu kegiatan ekonomi tertentu.
3.
Peserta didik dapat menentukan hasil dari 6 pekerjaan
pada kegiatan ekonomi.
4.
Peserta didik dapat menyimpulkan 2 jenis pekerjaan
berdasarkan hasilnya.
5.
Peserta didik dapat membuat laporan hasil identifikasi
kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakan di bidang pekerjaan.
C. PETUNJUK KHUSUS:
1. Amati gambar di bawah ini!
2. Diskusikan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bersama
kelompokmu!
a.
b. asarkan gambar di atas, sebutkan kegiatan ekonomi apa
saja yang kalian temukan! Berilah masing-masing satu contoh!
c.
d.
3. Amati gambar jenis-jenis pekerjaan di lingkunganmu
yang ditunjukkan gurumu di depan kelas.
4. Tulis hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini!
No. |
Nama
Pekerjaan |
Menghasilkan |
Ket. |
|
Barang |
Bukan barang |
|||
1. |
Tukang cukur |
|
√ |
Jasa |
2. |
Peternak ayam |
√ |
|
Telur dan daging |
3. |
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
6. |
|
|
|
|
7. |
|
|
|
|
8. |
|
|
|
|
Berdasarkan tabel di atas, maka dapat disimpulkan
bahwa berdasarkan hasilnya, pekerjaan dapat dibedakan menjadi 2 yaitu
pekerjaan yang menghasilkan dan !
Lembar
Penilaian Sikap Dan Keterampilan
A.
Jurnal Penilaian Sikap
B.
Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan peserta didik dalam sikap
santun,
disiplin,
tanggung jawab, dan percaya diri melalui jurnal.
C.
Petunjuk : Berilah tanda centang
(√ ) pada sikap setiap peserta didik yang
terlihat !
No |
Nama Peserta
didik |
Disiplin |
Santun |
Percaya diri |
Tanggung jawab |
||||
T |
BT |
T |
BT |
T |
BT |
T |
BT |
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
T : Terlihat
BT : Belum terlihat
Keterangan :
▪ Disipilin bisa terlihat dari login tepat waktu atau
tidak
▪ Santun bisa terlihat dari bahasa yang digunakan ketika bertanya,
memberikan
atau menanggapi komentar.
▪ Percaya diri bisa terlihat dari keaktifan
bertanya,
memberikan atau
menanggapi komentar dan
mempresentasikan tugas.
▪ Tanggungjawab bisa terlihat dari selesai tepat waktu atau
tidaknya tugas
yang diberikan.
D.
Penilaian Keterampilan
1.
Rubrik keterampilan mengomunikasikan pendapat pribadi
tentang isi cerita atau dongeng yang dibaca secara lisan didukung oleh alasan
yang tepat.
No |
Nama Siswa |
Aspek yang diamati Ketepatan Pendapat dan Alasan |
Nilai Akhir |
Ket |
|||
|
|
4( BS) |
3 (B) |
2(C) |
1(PB) |
|
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Kriteria |
Baik Sekali |
Baik |
Cukup |
Perlu Bimbingan |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Ketepatan
pendapat dan alasan |
Peserta didik secara tepat dan lugas
menyatakan pendapat (pernyataan suka/tidak suka) terhadap suatu cerita
disertai dengan alasan |
Peserta didik secara tepat menyatakan
pendapat (pernyataan suka/tidak suka) terhadap suatu cerita disertai dengan
alasan |
Peserta didik secara ragu-ragu
menyatakan pendapat (pernyataan suka/tidak suka) terhadap suatu cerita tanpa
disertai alasan |
Peserta didik tidak dapat
menyatakan pendapat (pernyataan suka/tidak suka) terhadap suatu cerita |
Skor
tertinggi / skor maksimal : 4 x 1 = 4
Skor
terendah : 1 ×
1 = 1
Skor akhir =
Kriteria :
85
– 100 : Sangat Baik.
55 –
84 : Baik.
55
– 69 : Cukup.
0
– 54 : Kurang Baik.
2.
Rubrik
keterampilan membuat laporan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan
kehidupan masyarakan di bidang pekerjaan.
No |
Nama Siswa |
Aspek yang diamati Ketepatan Pendapat dan Alasan |
Nilai Akhir |
Ket |
|||
|
|
4( BS) |
3 (B) |
2(C) |
1(PB) |
|
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Kriteria |
Baik Sekali |
Baik |
Cukup |
Perlu
Bimbingan |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Ketepatan jenis pekerjaan |
Peserta
didik mampu melaporkan 3 pekerjaan yang ada di sekitar |
Peserta
didik mampu melaporkan 2 pekerjaan yang ada di sekitar |
Peserta
didik mampu melaporkan 1 pekerjaan yang ada di sekitar |
Peserta
didik tidak dapat melaporkan pekerjaan yang ada di sekitar |
Ketepatan hasil |
Peserta
didik mampu melaporkan 3 hasil dari pekerjaan yang ada di sekitar |
Peserta
didik mampu melaporkan 2 hasil dari pekerjaan yang ada di sekitar |
Peserta
didik mampu melaporkan 1 hasil dari pekerjaan yang ada di sekitar |
Peserta
didik tidak mampu melaporkan hasil dari pekerjaan yang ada di sekitar |
Skor
tertinggi / skor maksimal : 4 x 2 = 8
Skor
terendah : 1 x 2 = 2
Skor
akhir =
Kriteria :
85
– 100 : Sangat Baik.
56 –
84 : Baik.
55
– 69 : Cukup.
0 – 54 : Kurang Baik
KISI-KISI
SOAL
Kelas/Semester : 4 /1
Tema : 4. Berbagai Pekerjaan
Sub
Tema : 2.
Pekerjaan di Sekitarku
No |
Muatan Pelajaran |
Kompetesi Dasar |
Indikator Soal |
Bentuk Soal |
Soal |
No Soal |
1 |
Bahasa Indonesia |
Menguraikan pendapat
pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya). |
Disajikan teks, peserta
didk mampu
menentukan tokoh dari
cerita “ Nelayan Tradisional dan Modern”. |
Isian |
-Sebutkan
tokoh yang berperan dalam cerita di atas! -Siapakah
tokoh yang kamu sukai pada cerita nomor 1 ? Jelasakan alasanmu ! |
1 3 |
Disajikan
teks, peserta
didk mampu
membandingkan watak dari
tokoh pada sebuah cerita. |
Isian |
-Jelaskan watak-watak tokoh dalam cerita
! |
2 |
|||
2 |
IPS |
Mengidentifikasi kegiatan
ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan
sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi. |
Dengan
mengaitkan gambar peserta didk mampu menyebutkan kegiatan ekonomi. |
Isian |
-Apa
saja jenis kegiatan ekonomi yang ada pada gambar ! -Gambar
di samping merupakan pekerjaaan yang menghasilkan… |
8 9 |
Disajikan teks
pernyataan,
siswa mampu menyimpulkan 2 jenis pekerjaan berdasarkan hasilnya. |
Isian |
-Berdasarkan
pernyataan di atas, simpulan 2 jenis pekerjaan berdasarkan hasilnya! |
10 |
|||
3 |
IPA |
Menjelaskan pentingnya
upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya. |
Mengetahui
upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan Sumber Daya Alam di sungai/laut. |
Isian |
-Tuliskan
4 upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan Sumber Daya Alam di
sungai/laut! -Apakah
menjaga keseimbangan sumber daya alam di sungai/laut itu penting?Mengapa
demikian ? |
4 7 |
|
|
|
Menyusun
tindakan yang merusak keseimbangan sumber daya alam di sungai/laut. |
|
-Tuliskan
4 tindakan yang merusak keseimbangan sumber daya alam di sungai/laut! -Jelaskan
3 akibat dari tindakan yang merusak keseimbangan sumber daya alam di
sungai/laut! |
5 6 |
SOAL EVALUASI
Lampiran 5
Nama: No. Absen: Nilaiku:
Tema : 4. Berbagai Pekerjaan Subtema / PB : 2 Pekerjaan di
Sekitarku / 1 Alokasi Waktu :
10 menit
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1.
Ali
bermain bola dengan teman-temanya.Ketika bola yang ditendang Udin mengenai
pelipis Ali, ia langsung marah-marah. Meskipun teman Udin sudah meminta maaf kepadanya, ia terus marah-marah. Padahal,
temanya itu tidak sengaja menendang bola mengenai Ali. Ali memang seperti itu
sifatnya. Teman-teman Ali sudah mengetahui wataknya.
Sebutkan tokoh yang
berperan dalam cerita di atas!
Jawab:
2.
Jelaskan
watak-watak tokoh
dalam cerita pada soal nomor 1!
Jawab:
3.
Siapakah tokoh yang kamu sukai pada cerita nomor 1?
Jelaskan alasanmu!
Jawab: .
4.
Tuliskan 4 upaya dapat dilakukan untuk menjaga
keseimbangan Sumber Daya Alam di sungai/laut!
Jawab:
5.
Tuliskan
4
tindakan yang merusak keseimbangan sumber daya
alam di sungai/laut!
Jawab:
6.
Jelaskan
3
akibat dari tindakan merusak keseimbangan
sumber daya alam di sungai/laut!
Jawab:
7.
Apakah
menjaga keseimbangan sumber daya alam di sungai/laut itu
penting? Mengapa demikian?
Jawab:
8.
Amati gambar di bawah ini!
Apa saja jenis kegiatan
ekonomi yang ada pada gambar di atas? Sebutkan 3 kegiatan!
Jawab:
9.
10.
Nelayan bekerja menghasilkan ikan. Ikan merupakan
contoh barang yang dihasilkan oleh Nelayan. Sedangkan polisi, bekerja melayani
masyarakat. Ia tidak menghasilkan barang tetapi memberi pelayanan jasa bagi
manusia.
Berdasarkan pernyataan
di atas, simpulkan 2 jenis pekerjaan berdasarkan hasilnya!
Jawab:
KUNCI JAWABAN DAN PEDOMAN PENSKORAN
No |
Kunci Jawaban |
Rambu-rambu penskoran |
Skor Maks |
1. |
Ali dan Udin |
Benar diberi skor 10 |
10 |
2. |
Ali memiliki sifat pemarah Udin memiliki sifat besar hati dan baik |
Benar diberi skor 10 |
10 |
3. |
Udin karena ia sabar dan berani mengPesrta didiki
kesalahan serta meminta maaf |
Benar diberi skor 15 |
15 |
4. |
a.
Tidak membuang limbah rumah tangga ke sungai/laut b.
Membuang sampah di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) c.
Menangkap ikan menggunakan jala (bukan pukat
harimau) d.
Tidak menggunakan bahan peledak untuk menangkap ikan e.
Menjaga kelestarian terumbu karang agar ikan-ikan
dapat berkembang biak |
Benar diberi skor 15 |
15 |
5. |
a.
Membuang sampah di laut/sungai b.
Menangkap ikan menggunakan pukat harimau c.
Menangkap ikan menggunakan bahan peledak/bom d.
Menggunakan penggunaan detergen berlebihan |
Benar diberi skor 15 |
15 |
6. |
a.
Sungai dan laut tercemar b.
Ikan-ikan kecil ikut terjaring menggunakan pukat
harimau sehingga tidak dapat melestarikan jenisnya c.
Terumbu karang rusak sehingga ikan-ikan tidak
memiliki tempat tinggal |
Benar diberi skor 15 |
15 |
7. |
Ø Menjaga kelestarian
sumber daya alam sangat penting bagi manusia, khususnya SDA yang ada di Laut
karena air merupakan sumber utama bagi kehidupan jika air tercemar maka
kelangsungan makhluk hidup menjadi tidak seimbang atau rusak. (Kebijakan Guru) |
Benar diberi skor 20 |
20 |
8. |
Ø Produksi à Nelayan
menghasilkan Ikan Ø Distribusi à penyalur ikan
dari nelayan ke pasar Ø Konsumsi à ikan dikonsumsi
oleh pembeli |
|
|
9. |
Ø Jasa |
|
|
10 |
Ø Barang Ø Jasa |
|
|
Jumlah Skor Maksimal |
100 |
Penilaian Pengetahuan
D.
Pengajaran Remedial
Pembelajaran ulang (
mengulang pembelajaran yang belum dipahami oleh peserta didik dan mengerjakan
ulang soal yang telah dikerjakan tadi).
No |
Soal |
Kunci Jawaban |
1 |
Berdasarkan teks di atas, tokoh yang pemarah adalah…. |
Ali |
2 |
Sifat yang harus
ditiru dari teks tersebut adalah…. |
Kalau salah minta
maaf |
3 |
Penggunaan Pukat harimau oleh nelayan dilarang pemerintah karena…. |
Karena akan habis ikan dari yang kecil sampai yang besar |
4 |
Tuliskan 3 alat yang digunakan nelayan tradisional! |
Perahu, jala kecil, tombak,… |
5 |
Tuliskan 3 tindakan yang merusak lingkungan air/laut! |
Menggunakan bom peledak menangkap ikan, menggunakan pukat harimau,
menggunakan racun ,… |
E.
Pengajaran Pengayaan
Tugas mengerjakan
soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi.
No |
Soal |
Kunci Jawaban |
1 |
Klasifikasikanlah tokoh dalam teks cerita di atas ? |
Ali bersifat pemarah, Udin orangnya suka minta maaf . |
2 |
Tuliskanlah persamaan
dan perbedaan dari nelayan tradisional dan nelayan modern! |
1.Persamaan menangkap ikan,
menggunakan jaring, menghadapi badai dan ombak. 2.Perbedaan Nelayan tradisional
menggunakan sampan, didaerah pantai, tenaga angin dan tanpa radar. Sedangkan
nelayan modern menggunakan kapal, sampai ke tengah laut , tenaga mesin dan
menggunakan radar. |
3 |
Kenapa dalam
penggunaan teknologi penangkapan ikan yang berlebihan dapat merusak ekosistem
? |
Karena beberapa
teknologi penangkapan ikan bahkan sudah dilarang penggunaanya seperti penggunaan
bom dan pukat harimau bisa menghancurkan terumbu karang serta ikan-ikan kecil
sehingga kedepannya ekosistem air laut rusak. |
Komentar
Posting Komentar